KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH MENULIS TEKS PROSEDUR

Yulia, Suriyanti and Denni, Iskandar and Subhayni, Subhayni KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH MENULIS TEKS PROSEDUR. 28 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 1 ; Januari 2018:28-35.

[thumbnail of 7100-14809-1-SM.pdf] Text
7100-14809-1-SM.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul,“Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 BandaAceh Menulis Teks Prosedur”.Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan siswa
SMP Negeri 6 Banda Aceh menulis teks prosedur?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh menulis teks prosedur, serta dapat dijadikan sebagai tolok ukur terhadap pengetahuan siswa dalam menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 250 orang.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes (penugasan). Data penelitian ini diolah secara diskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik penganalisisan statistik dengan cara mencari nilai rata-rata (mean). Secara umum kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh menulis teks prosedur sudah memenuhi nilai rata-rata 80. Secara khusus, kemampuan siswa menulis teks prosedur dilihat dari lima aspek. Adapun kelima aspek yang ditentukan yaitu aspek pertama nilai rata-rata siswa menulis bagian judul 41,37, aspek kedua nilai rata-rata siswa menulis bagian awal 37,93, aspek ketiga nilai rata-rata siswa menulis bagian inti 17,24, dan aspek keempatnilai rata-rata siswa menulis bagian penutup 3,44. Kata kunci: Kemampuan siswa, menulis, teks prosedur

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:43
Last Modified: 03 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item
View Item