EURETMIKA DALCROZE DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI PAUD

Gabriel, Serani (2019) EURETMIKA DALCROZE DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. ISSN 2621-4016

[thumbnail of 766-2368-1-SM.pdf] Text
766-2368-1-SM.pdf

Download (391kB)

Abstract

Kecerdasan musikal seperti halnya kecerdasan yang lain harus dikembangkan pada
anak sejak dini. Namun tidak semua metode pembelajaran cocok diterapkan terutama pada
anak-anak.Penelitian ini mengulas salah satu metode pembelajaran musik yakni Euretmika,
yang dicetuskan oleh seorang professor dan pengajar musik dari Swiss, Emile JacquesDalcroze (1865-1950).Dalcroze membagi pembelajaran musik atas tiga tahap yakni
euretmika (latihan kepekaan tubuh terhadap ritem musik), solfes (latihan pendengaran dan
reaksi tubuh terhadap nada-nada) dan improviasi (kreasi komposisi lagu & gerak dengan
cepat dan spontan). Jenis penelitian ini berupa studi kepustakaan.Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan,
buku, makalah atau artikel, jurnal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis isi. Metode Euretmika memberdayakan fakultas tubuh (telinga, mata
dan otot-otot) untuk membangun kepekaan, persepsi dan pemahaman tentang unsur-unsur
musikal.Karena itu integrasi Euretmika dalam pembelajaran di PAUD tidak hanya bisa
merangsang kecerdasan musikal anak sejak dini tetapi juga dapat menciptakan atmosfer
pembelajaran Student Centered Learning melalui aktivitas yang muda dan menyenangkan
seperti lagu/musik dan gerak.

Kata Kunci: Euretmika, Pengembangan kecerdasan music, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:49
Last Modified: 27 Jun 2023 06:49
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item
View Item