PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Novid, Eliani and Antonius Edy, Setyawan (2018) PENERAPAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. ISSN P-ISSN 2461-078X, E-ISSN 2654-783X

[thumbnail of 4.pdf] Text
4.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajar IPA melalui model PAKEM pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kayan Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD Negeri 1 Kayan Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 12 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah kegiatan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang merupakan satu siklus, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Alat pengumpul data meliputi observasi, soal tes dan angket.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang digunakan untuk meneliti objek alamiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif secara interaktif yang
meliputi penggumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah aktivitas guru siklus I dan siklus II dengan presentase yaitu 100% serta aktivitas siswa siklus I yaitu 80,00% dan siklus II 100%. Sementara itu peningkatan motivasi siswa dengan menggunakan angket berdasarkan data yang diperoleh, ditunjukkan bahwa jumlah rata-rata presentase seluruh siswa adalah 75, 67% di siklus I
dan meningkat di siklus II menjadi 83 90%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 46
terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 53. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 66,61 dengan ketuntasan klasikal dalam belajar 66,11% siklus
II rata-rata kelas meningkat menjadi 77,11 dengan ketuntasan klasikal dalam belajar 88,89% dari hasil siklus, nilai rata-rata meningkat 10,5 dan ketuntasan klasikal meningkat 27,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil.

Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar Siswa, Model PAKEM

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:43
Last Modified: 27 Jun 2023 03:43
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item
View Item