GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN LATAR BELAKANG ETNIS (TIONGHOA-DAYAK) DI KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT

Eliana, Yunitha Seran (2015) GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN LATAR BELAKANG ETNIS (TIONGHOA-DAYAK) DI KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT. Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar.

[thumbnail of 2795-5539-1-SM.pdf] Text
2795-5539-1-SM.pdf

Download (48kB)

Abstract

Gaya belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang bersifat internal maupun eksternal.
Dalam faktor eskternal tersebut salah satunya adalah etnisitas siswa yang berpengaruh pada
setting sosial budaya yang kemudian membentuk perspektif tentang belajar itu sendiri. Sebagai
dua dari etnis terbesar di Sintang Kalimantan Barat maka peneliti melakukan penelusuran dengan
pendekatan kualitatif bentuk penelitian survey. Adapun masalah yang diangkat adalah bagaimana
peranan etnis Tionghoa-Dayak dalam membentuk gaya belajar siswa. Alat pengumpul data yang
digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Angket di sebarkan kepada 260 orang
siswa di SD Panca Setya Sintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnis Tionghoa persentase
gaya belajar yang dominan adalah kompetitif sebesar 25,60% sedangkan etnis Dayak gaya
belajar yang dominan adalah kolaboratif sebesar 27,30%.

Kata Kunci: gaya belajar, etnisitas siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:01
Last Modified: 27 Jun 2023 03:01
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item