PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR STRENGTHENING STUDENT CHARACTER VALUES IN SCHOOL LEARNING ACTIVITIES DURING THE PANDEMIC PERIOD

Eliana, Yunitha Seran and Mardawani, Mardawani (2021) PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR STRENGTHENING STUDENT CHARACTER VALUES IN SCHOOL LEARNING ACTIVITIES DURING THE PANDEMIC PERIOD. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 2407-4837

[thumbnail of 4142-10888-2-PB.pdf] Text
4142-10888-2-PB.pdf

Download (347kB)

Abstract

Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai
Surat Edaran Kemendikbud No 3 tahun 2020 terkait dengan pandemi Covid 19. Masalah umum
dalam penelitian ini adalah penguatan nilai karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar
masa Pandemi Covid-19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter dalam
kegiatan belajar mengajar Masa Pandemi Covid 19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi yang dilakukan kepada
guru, siswa, dan orangtua. Dan wawancara yang dilakukan kepada siswa, guru, dan orangtua
serta penelaahan beberapa dokumen terkait. Teknis analisa data yang digunakan adalah teknik
analisa data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data
dan menarik kesimpulan dan memverifikasi. Kegiatan penelitian ini menghasilkan penguatan
nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 menguat pada empat
nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, dan bertanggungjawab.
Sedangkan peran guru sebagai fasilitator, motivator, informator, inisiator, dan evaluator dalam
kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 tingkat sekolah dasar di Sintang. Serta
peran orangtua dalam penguatan nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar masa pandemi
covid 19 siswa Sekolah Dasar di Sintang yaitu sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai
pengawas dan sebagai konselor. Hasil dari kegiatan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi
dan pengembangan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kearah yang lebih baik
dengan penguatan nilai karakter.

Kata kunci: penguatan nilai karakter, pembelajaran masa pandemi, siswa sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:55
Last Modified: 27 Jun 2023 02:55
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item
View Item