PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD

Eliana, Yunitha Seran and Veronika, Lili Suani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD. Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), Mei 2019.

[thumbnail of 606-1758-1-SM.pdf] Text
606-1758-1-SM.pdf

Download (286kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih belum maksimal
dalam proeses pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran sehingga nilai siswa rendah dan guru
belum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas III pada Materi Jenis-jenis Pekerjaan. Metode penelitian Eksperiment. Bentuk penelitian penelitian Quasi
Experimental Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa
21 orang dan kelas III A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik sampling yang digunakan
adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik
pengukuran, teknik konikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar observasi, soal tes, angketdan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai
berikut: Hasil observasi siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata pertemuan pertama dan kedua 100% dengan
kriteria sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai
Sig (2-tailed)=0,687 > nilai α =0,05 yang artinya hipotesis ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat
perbedaan hasil belajar kognitif pada materi Materi Jenis-jenis Pekerjaan. Berdasarkan uji hipotesis pada
posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig (2-tailed)=0,02 < nilai α =0,05 yang artinya
hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada materi Materi
Jenis-jenis Pekerjaan. Berdasarkan uji hipotesis kelas eksperimen pada pretest dan posttest diperoleh nilai Sig
(2-tailed)=0,00 < nilai α=0,05 yang artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
hasil belajar kognitif pada materi Materi Jenis-jenis Pekerjaan. Berdasarkan uji hipotesis kelas eksperimen pada
pretest dan posttest diperoleh nilai Sig (2-tailed)=0,00 < nilai α=0,05 yang artinya hipotesis diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada materi Materi Jenis-jenis Pekerjaan
Berdasarkan hasil pengolahan data angket respon siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 81,57%
dengan kategori sangat kuat.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:34
Last Modified: 27 Jun 2023 02:34
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item
View Item