KEMAMPUAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU MATERI INTERAKSI SOSIAL

Fatkhan, Amirul Huda and Munawar, Thoharudin (2019) KEMAMPUAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU MATERI INTERAKSI SOSIAL. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSN 2541-0938 2657-1528

[thumbnail of 599-1740-1-SM.pdf] Text
599-1740-1-SM.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of 599-1740-1-SM.pdf] Text
599-1740-1-SM.pdf

Download (767kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi yang objektif mengenai kemampuan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pada matari interaksi sosial kelas VII di SMP Negeri 4 Dedai Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yaitu metode deskriptif, bentuk penelitian adalah deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa yang dilakukan menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan telah efektif dan efisien. Upaya mengatasi faktor hambatan dalam proses belajar mengajar antara lain guru memahami karakteristik siswa, memahami komponen metode dengan evaluasi dan memahami kondisi lingkungan dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian secara umum tentang kemampuan guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu pada matari interaksi sosial dikategorikan baik.
Kata Kunci: Kemampuan Guru , Proses Belajar Mengajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:38
Last Modified: 27 Jun 2023 02:38
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item
View Item