Integrasi Metode Pembelajaran Talking Stick dan Metode Pembelajaran Tebak Kata di Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Sepauk

Fatkhan, Amirul Huda and Munawar, Thoharudin (2021) Integrasi Metode Pembelajaran Talking Stick dan Metode Pembelajaran Tebak Kata di Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Sepauk. JURNAL PENDIDIKAN IPS. ISSN 2088-0308, 2685-0141

[thumbnail of 506-Article Text-1437-2-10-20211223.pdf] Text
506-Article Text-1437-2-10-20211223.pdf

Download (176kB)

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui integrasi metode talking stickdan metode tebak kata pada siswa kelas VIIISMP Negeri 4sepauk. Berdasarkan observasi didapatkan masih rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS yang lebih rendah dari KKM yaitu 70. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 65% dengan kriteria baik. Pada siklus II hasil aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,22% dan meningkat di siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 82,83%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 10,61%. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 60,86% dengan 14 orang tuntas dan 9 orang tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 91,3% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan 2 orang tidak tuntas. Peningkatan ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 30,43%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui integrasi metode talking stickdan metode tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema pengaruh Interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaandi kelas VIII di SMP Negeri 4 Sepauk.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:52
Last Modified: 26 Jun 2023 03:52
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item
View Item