Strategi Mikro Kepala Sekolah Membudayakan Budaya Malu Sebagai Nilai Karakter Unggul Sekolah Dasar Di Kabupaten Sintang

Lusila, Parida and Daniel, Dike and Ivan, Stevanus (2021) Strategi Mikro Kepala Sekolah Membudayakan Budaya Malu Sebagai Nilai Karakter Unggul Sekolah Dasar Di Kabupaten Sintang. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN. ISSN 2580 – 1058

[thumbnail of 916-3703-1-PB.pdf] Text
916-3703-1-PB.pdf

Download (990kB)

Abstract

Kesadaran moral anak sangat penting dikembangkan dan dibudayakan sejak pendidikan sekolah dasar melalui strategi membudayakan budaya malu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan praktik budaya malu di sekolah dasar SDN 23 Menyumbung kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (one case study research).Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Alat pengumpulan data adalah panduan wawancara, lembar
observasi dan dukumen. Analisis data menggunakan pola induktif model Creswel. Subyek penelitian adalah guru dan siswa di SDN 23 Menyumbung sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan responden secara purposive karena mempertimbangkan situasi pandemi covid 19. Hasil penelitian menunjukan bahwa pade level siswa dan guru dikembangkan 10 budaya malu yang ditanamkan dalam pembelajaran maupun melaui pembiasaan. Praktik budaya malu telah menumbuhkan dua aspek penting dalam diri siswa dan guru yakni karakter kinerja dan kinerja moral. Agar karakter kinerja dan karakter moral tumbuh dengan baik di sekolah maka diperlukan strategi micro kepala sekolah yang terarah pada penguatan
identitas personal dan sosial siswa secara moral.
Kata Kunci: budaya malu, kinerja moral,karakter mora

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:18
Last Modified: 26 Jun 2023 03:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item
View Item