Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021

Agusta, Kurniati and Muhammad Rian, Subekti and Teodora, Firda (2021) Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021. Minat Belajar, Pembelajaran Matematika.

[thumbnail of 1376-4582-2-PB (1).pdf] Text
1376-4582-2-PB (1).pdf

Download (257kB)

Abstract

.Kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang ditandai dengan
82% siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika, siswa mengatakan bahwa matematika
adalah pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa, wali kelas dan orang tua siswa
yang berjumlah 11 orang.Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan soal tes, pertanyaan
tertulis, wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil
perolehan siswa menjawab pertanyaan tertulis masuk dalam kriteria interpretasi dengan kategori
cukup. Artinya berdasarkan perolehan hasil siswa menjawab pertanyaan tertulis dan didukung
dengan nilai hasil tes siswa, dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika siswa kelas IV
SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021 termasuk pada kategori cukup. (2)
Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika terdapat dua
faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek jasmaniah dan
psikologi.Faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan
masyarakat.

Kata Kunci : Minat Belajar, Pembelajaran Matematika, SDN 25 Gurung Peningkah

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:27
Last Modified: 26 Jun 2023 02:27
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item