EVALUASI KEBERHASILAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) STKIP PERSADA KHATULISTIWA MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Antonius, Edy Setyawan and Anyan, Anyan (2022) EVALUASI KEBERHASILAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) STKIP PERSADA KHATULISTIWA MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of 1877-6610-1-PB.pdf] Text
1877-6610-1-PB.pdf

Download (971kB)

Abstract

Sebuah sistem informasi yang telah digunakan perlu dievaluasi agar dapat
dilihat tingkat capaian keberhasilannya. Sudah satu tahun akademik Learning Management System (LMS) STKIP Persada Khatulistiwa digunakan, namun belum dapat dilihat capaian keberhasilan implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan Learning Management System di STKIP Persada Khatulistiwa dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi Delone & Mclean. Faktor-faktor yang dievaluasi pada penelitian ini yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kuantitatif dangan sampel sebanyak 100 responden mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa yang berasal dari 9 prodi yang berbeda. Alat pengumpul data penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data dianalisis menggunakan software Smart PLS 3.0 untuk menguji outer model dan inner model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem berpengaruh positif
terhadap kepuasan pengguna sebesar 80,2%, variabel kepuasan pengguna
berpengaruh positif terhadap manfaat bersih sebesar 77,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, untuk meningkatkan kesuksesan Learning Management System STKIP Persada Khatulistiwa perlu meningkatkan kualitas sistem sehingga memberikan kepuasan dan manfaat bagi pengguna.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: admin
Date Deposited: 31 Jan 2023 12:24
Last Modified: 09 Feb 2024 07:33
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item
View Item