Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi

Dwi Cahyadi, Wibowo and Priana, Sutani and Evi, Fitrianingrum (2020) Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, March 2020. ISSN 2654-6477

[thumbnail of 245-Article Text-562-1-10-20200223.pdf] Text
245-Article Text-562-1-10-20200223.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam
meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi bagi siswa kelas V SD Negeri 21
Teluk Menyurai Tahun Pelajaran 2019/2020; Mendeskripsikan aktivitas menulis karangan
deskripsi siswa menggunakan media gambar seri siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk
Menyurai Tahun pelajaran 2019/2020; Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis
karangan narasi menggunakan media gambar seri siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk
Menyurai Tahun Pelajaran 2019/2020.Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian
ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Subyek penelitian siswa kelas V SD
Negeri 21 Teluk Menyurai yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa
penggunaan media gambar seri di kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, siswa terlihat memiliki motivasi, antusias dan
kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan
kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan
dalam belajar dan berdiskusi atau kerjasama dengan siswa lain, saling ketergantungan
positif dengan siswa lain dan keaktifan menulis karangan narasi yang sangat baik,
penggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan
narasi meningkat; peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media
gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai dikategorikan sangat baik
yaitu pada hasil siklus I ketuntasan belajar siswa adalah 52,94% dan pada siklus II
mengalami peningkatan menjadi 88,24% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke
siklus II sebesar 35,30%., hal ini menunjukkan bahwa media gambar seri mampu menjadi
sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif),
bertindak (afektif), dan terampil menulis karangan narasi (psikomotorik). Penelitian ini
disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan media
gambar seri pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia.

Kata kunci: Media Gambar Seri, Menulis Karangan Narasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:51
Last Modified: 23 Jun 2023 07:51
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item