HUBUNGAN LITERASI TEKNOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI

Ursula, Nova Yanti and Nelly, Wedyawati and Yasinta, Lisa (2022) HUBUNGAN LITERASI TEKNOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI. Journal of Educational Learning and Innovation.

[thumbnail of 367-Article Text-2070-1-10-20220909.pdf] Text
367-Article Text-2070-1-10-20220909.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi teknologi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas tinggi. Hasil belajar siswa kelas tinggi kurang memuaskan, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai raport siswa, 56% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan 44% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi kausal. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi sederhana. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, jumlah sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung, alat pengumpulan data menggunakan koesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik korelasi, dan analisis hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji t, diperoleh nilai bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, dengan kesimpulannya yakni terdapat hubungan yang sangat tinggi antara literasi teknologi dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri 30 Bancoh

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: admin
Date Deposited: 31 Jan 2023 12:00
Last Modified: 31 Jan 2023 12:00
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item