PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ELIYANI, SARAGIH and NELLY, WEDYAWATI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education.

[thumbnail of 5.pdf] Text
5.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada materi Bilangan Romawi pada kelas 4 SD 06 Sintang. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Penelitian menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Teams Games Tournament (TGT) di siklus I dengan persentase total 63,33%, untuk siklus II meningkat secara signifikan sebesar 90,90%. Ini
menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 27,57%.

Kata kunci: Belajar; Hasil; Teams Games Tournamen

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:31
Last Modified: 23 Jun 2023 07:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item