ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Yesika, Simarmata and Nelly, Wedyawati and Anita, Sri Rejeki Hutagaol (2020) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. J-PiMat.

[thumbnail of 4.pdf] Text
4.pdf

Download (101kB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita antara lain, siswa belum mampu membaca, belum memahami operasi perhitungan dengan baik, kurang disiplin dalam mengerjakan soal, minat yang rendah dalam membaca soal secara intens.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan literasi matematika pada penyelesaian soal
cerita.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakanteknik tes, teknik observasi, dan teknik wawancara.Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada 1 dari 16 siswa memiliki nilai 51 dengan kategori predikat nilai C (cukup) dan 15 orang yang berkemampuan rendah dengan rata-rata nilai 9,5 kategori D (kurang), secara keseluruhan nilai
rata-rata siswa kelas VA pada penyelesaian soal cerita adalah 12 dengan predikat D (kurang) oleh karena itu penggunaan literasi matematika pada penyelesaian soal cerita masih tergolong rendah. Literasi matematika pada penyelesaian soal cerita di kelas VA SDN 6 Sintang tahun pelajaran 2019/2020 masih rendah karena rendahnya kemampuan membaca, menulis dan kemampuan numerik, serta peran guru dan sekolah yang kurang mendukung dalam pembelajaran literasi matematika.

Kata Kunci: Literasi, Matematika, Penyelesaian, dan Soal Cerita

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:16
Last Modified: 23 Jun 2023 07:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item
View Item