PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TERHADAP HASIL BELAJAR

Nelly, Wedyawati and Yasinta, Lisa and Sara, Selimayati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Edukasi.

[thumbnail of 2.pdf] Text
2.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 13 Sungai Kawat Sintang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, soal tes, lembar angket dan dokumentasi. Analisis data observasi kelas eksperimen dan kontrol adalah sama yaitu 100% (sangat baik). Perhitungan rerata hasil belajar kelas eksperimen adalah pretest 45,4 dan posttest 79,6. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol pretest 55,65 dan posttest 70,75. Teknik pengolahan data menggunakan uji t independen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung adalah 2,99 sedangkan nilai ttabel pada α =5% adalah 2,0252 dengan thitung > ttabel (2,99 2,0252) maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data angket menunjukkan model
pembelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana sangat kuat dengan rerata 89,5%.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar, mitigasi, dan bencana alam.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:29
Last Modified: 23 Jun 2023 03:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item