DARLING (DIGITAL STORYTELLING) BASED ON DAYAKNESE FOLKLORE TO BOOST STUDENTS’ SPEAKING ABILITY

Ilinawati, Ilinawati and Ferdinanda, Itu Meo and Yokie, Prasetya Dharma (2023) DARLING (DIGITAL STORYTELLING) BASED ON DAYAKNESE FOLKLORE TO BOOST STUDENTS’ SPEAKING ABILITY. EJI (English Journal of Indragiri):. ISSN 2549-2144, 2589-5140

[thumbnail of inggris,+Artikel+24+(Yokie+Prasetya+Dharma,+et.al).pdf] Text
inggris,+Artikel+24+(Yokie+Prasetya+Dharma,+et.al).pdf

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah cerita
rakyat suku Dayak berbasis Digital Storytelling dapat
meningkatkan partisipasi siswa dalam kemampuan berbicara.
Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas.
Populasi penelitian ini adalah 22 mahasiswa program studi
Pendidikan Bahasa Inggris pada semester ketiga. Ada
beberapa aspek berbicara yang menjadi focus dalam penelitian ini, beberapa aspek tersebut adalah pengucapan, kosa kata, kelancaran, pemahaman, dan ketepatan tata bahasa. Berdasarkan lembar observasi, keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik. Baik mahasiswa maupun dosen melakukan perannya dengan baik. Para siswa mulai aktif di dalam kelas dan berdiskusi tentang digital storytelling dan mekanisme penerbitan videonya. Nilai rata-rata pada tes siswa adalah 83,61, dikategorikan sangat baik, dapat dikatakan digital storytelling efektif dan dapat menaikkan motivasi siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:08
Last Modified: 03 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item
View Item