PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

Markus Iyus, Supiandi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). ISSN ISSN 2540-802

[thumbnail of 4.pdf] Text
4.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI)dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Silabus, RPP, LKS, lembar observasi, soal tes, dan angket. Perhitungan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 43,8 sedangkan posttest73,9 dan kelas kontrol nilai rata-rata pretest 43,8 sedangkan posttest60,6. Hasil uji hipotesis pada data posttest didapatkan nilai signifikansi (Asimp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, dan hasil ini kurang dari 0,05 (0,000<0,05) maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaanyang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas VIII SMP Negeri 2 Belimbing Hulu. Hasil analisis angket diperoleh rata-rata nilai 98,58% dengan kategori sangat kuat.

Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Kemampuan Pemecahan
Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:36
Last Modified: 21 Jun 2023 08:36
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item