THE EFFECT OF ENGAGE, STUDY, ACTIVATE (ESA) METHOD TO WRITING RECOUNT TEXT IN EIGHT GRADES OF MTSN 1 PONTIANAK

Yokie, Prasetya Dharma (2016) THE EFFECT OF ENGAGE, STUDY, ACTIVATE (ESA) METHOD TO WRITING RECOUNT TEXT IN EIGHT GRADES OF MTSN 1 PONTIANAK. JURNAL Vox EdukasI.

[thumbnail of 67-175-1-SM.pdf] Text
67-175-1-SM.pdf

Download (304kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis antara siswa yang diajar dengan menggunakan ESA dan mereka yang diajar tanpa menggunakan ESA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang diadakan di MTs N 1 Pontianak, Kalimantan Barat. Hasil penelitian menunjukan rata-rata milai posttest pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pretest 50,60 > 35,93 dan nilai rata-rata dari posttest pada kelompok kontrol lebih tinggi dari pretest 43,27> 40,67. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari posttest dari kelompok kontrol 50,60 > 35,93. Hasil uji t menunjukkan hasil p value lebih rendah dari tingkat signifikan 0,00 <.05 dan t-test lebih tinggi dari t tabel 5,934> 2,045. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam menulis teks recount antara siswa yang diajarkan menggunakan ESA dan siswa yang tidak diajarkan menggunakan ESA di murid kelas delapan MTs N 1 Pontianak.
Kata Kunci: Mengajak, Mempelajari, Menggerakkan (ESA), Menulis Teks Recount,
Pengaruh.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:45
Last Modified: 21 Jun 2023 03:45
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item