PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

Florentina Rahayu, Esti Wahyuni and Novita, Yulanda Sari and DIDIN, SYAFRUDDIN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 3 No. 2 November 2018 | 41 – 46. ISSN 2540-802x

[thumbnail of 308-742-1-PB.pdf] Text
308-742-1-PB.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap
hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak manusia. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian Quasi Experiment dan desain
penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempunak yang berjumlah 78 siswa. Sampel dalam
penelitian ini kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas
VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Alat pengumpul data yang
digunakan adalah soal tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif
untuk melihat nilai rerata dan analisis statistik inferensial untuk melihat uji hipotesis dengan
menggunakan uji t-test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
72,77%. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata posttest sebesar 52,19%. Setelah
dilakukan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (6,436 > 2,021) sehingga H1 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Time
Token terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak manusia.

Kata kunci: time token, hasil belajar kognitif, sistem gerak manusia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:07
Last Modified: 20 Jun 2023 08:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item
View Item