Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista

YUNIARTI, ESSI UTAMI and Ricci, Abdias and Hilarius, Jago Duda and Arsad, Bahri (2019) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kinerja pada Materi Protista. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 4, No. 2, November 2019,. ISSN 2540-802X

[thumbnail of 16. Haris JPBIO 2019.pdf] Text
16. Haris JPBIO 2019.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data dilapangan bahwa bahan ajar biologi
berbasis kinerja siswa pada materi protista belum pernah dikembangkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis
kinerja terhadap siswa kelas X SMA Karya Sekadau. Model yang peneliti
gunakan adalah model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D
terdiri atas 4 tahap utama yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate.
Subyek ujicoba lapangan yaitu siswa kelas X sebanyak 30 siswa SMA Karya
Sekadau. Persentase hasil validasi modul oleh ahli materi, ahli media, dan
guru bidang studi sebesar 86,6% sehingga modul memiliki kualifikasi sangat
layak. Modul diuji coba terhadap siswa SMA Karya Sekadau kelas XI IIS 1
pada tahap initial development testing. Persentase penilaian modul oleh
siswa kelas XI sebesar 88,43 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul
yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi modul yang sangat layak.
Efektifitas dari modul ini dilihat dari nilai gain score 0,54 dengan kriteria
sedang, sehingga dapat dinyatakan efektif. Respon siswa dari modul dengan
pengambilan uji skala kecil sebesar 88,43% dengan respon sangat baik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:35
Last Modified: 20 Jun 2023 07:35
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item
View Item