PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KANCING GEMERINCING DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 BELIMBING

Avelius, Dominggus Sore (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KANCING GEMERINCING DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 BELIMBING. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSN 2541-0938

[thumbnail of 3.pdf] Text
3.pdf

Download (272kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui Mengetahui Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kancing Gemerincing pada Materi kebutuhan manusia Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Belimbing Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan meode kualitatif, dan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung (wawancara), dan teknik dokumentasi, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar tes, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh dari 28 siswa yang mengikuti tes hanya 17 siswa yang tuntas dan tidak tuntas terdapat 11 siswa, rata-rata nilai sebesar 63,32 dengan ketuntasan klasikal 60,71%. Pada silkus II hasil belajar siswa meningkat dari 28 yang mengikuti tes siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan nilai rata-rata 79,64 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,85% . sehingga kentuntasan hasil belajar pada siklus II dinyatakan berhasil karena dari data yang diperoleh telah mencapai ketuntasan sedangkan
hasil wawncara guru dan siswa menunjukan respon positif terhadap model kancing gemericing.sedangkan hasil wawncara guru dan siswa menunjukan respon positif terhadap model kancing gemericing.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kancing Gemerincing, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:10
Last Modified: 20 Jun 2023 04:10
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item
View Item