PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE LISTENING TEAM PADA POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN KEBUTUHAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SILAT HILIR

Avelius, Dominggus Sore (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE LISTENING TEAM PADA POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN KEBUTUHAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SILAT HILIR. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSN 2541-0938, 2657-1528

[thumbnail of 2.pdf] Text
2.pdf

Download (718kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam belajar menyebabkan hasil belajar yang rendah persentasenya 52,94%. Bentuk penelitian yang saya gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan lembar tes, serta tahap penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan pengkajian terhadap hasil belajar menggunakan cooperative tipe listening team dalam pelaksanaan siklus 1 ternyata siswa belum maksimal mengemukakan pendapat sehinga menyebabkan pencapaian nilai belum maksimal hal tersebut dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus 1, nilai tertinggi 80, nilai terendah 50, nilai rata-rata 66 serta persentase ketuntasan sebesar 58,82%. Namun pada siklus 2 siswa telah mampu mengungkapkan jawaban dalam kelompok dengan baik, dan pada siklus 2 berakhirlah upaya
guru untuk meningkatkan hasil belajar dengan nilai tertinggi siswa di peroleh sebesar 90, dengan rata-rata 76, serta persentase ketuntasan sebesar 94,11%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang di ajarkan, dan pola berpikir kritis dan tanggap dari siswa dapat diasah dengan mengemukakan pendapat didepan kelas.

Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Listening Team meningkatkan Hasil
Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:50
Last Modified: 20 Jun 2023 03:50
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item
View Item