ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Agnesia, Hartini and Asih, Tresnaningsih (2020) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal PEKAN Vol. 5 No.1 Edisi April 2020. ISSN ISSN: 2540 - 8038

[thumbnail of 1.pdf] Text
1.pdf

Download (229kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tebelian”. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2019/2020 pada hasil penelitian, diperoleh gambaran yaitu dalam memberikan motivasi belajar pada siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dikategorikan rendah. 2) Pengukuran motivasi belajar siswa berdasarkan aktivitas yaitu 59% dikategorikan rendah, respon yaitu 50% dan kehadiran siswa yaitu 96% dapat dikategorikan sangat tinggi. 3) PenelitianAnalisis Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2019/2020 yang telah dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dapat dilihat bahwa
masih terdapat siswa yang belum bisa mandiri dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran PKn.

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran PKn.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:24
Last Modified: 13 Jun 2023 02:24
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item