IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIRQA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

Beni, beni and Yakobus, Bustami and leliavia, leliavia (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIRQA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN. edubiotik Vol. 04, No. 01 : Hal. 9 – 15 Februari 2019. ISSN : 2528-679X

[thumbnail of document.pdf] Text
document.pdf

Download (246kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Sekadau Hilir masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw, membaca, bertanya, menjawab (JiRQA) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Sekadau Hilir. Pendekatan ini kuantitatif dalam bentuk
penelitian eksperimen semu. Instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis
menggunakan pertanyaan esai sebanyak 6 item. Data dianalisis menggunakan analisis
statistik deskriptif untuk menentukan rata-rata dan analisis inferensial menggunakan
uji-t. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai ratarata keterampilan berpikir kritis pretest dan posttest dari kelas eksperimen sebesar
45,28% dan kelas kontrol sebesar 33,11%. Hasil analisis statistik inferensial
menunjukkan bahwa nilai probabilitas keterampilan berpikir kritis siswa 0,00 lebih
kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran JiRQA pada keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, kooperatif, pembelajaran JiRQA, biologi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:42
Last Modified: 08 Jun 2023 06:42
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item