PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Feronika, Rosady and Yasinta, Lisa and Markus Iyus, Supiandi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). ISSN ISSN 2540-802

[thumbnail of 207-501-3-PB (1).pdf] Text
207-501-3-PB (1).pdf

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajparan Teams Game
Tournament (TGT) Berbasis Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada
Materi Sistem Pencernaan. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas
“model Teams Game Tournament (TGT) dan teka-teki silang” dan variabel terikat “hasil
belajar kognitif siswa.” Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk
penelitian yang digunakan yaitu Quasi-eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent
ControlGroup Design. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Sampling
Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik
pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai
Zhitung adalah 1,76 dan Ztabel 1,74 dengan kesimpulan bahwa Zhitung>Ztabel yaitu 1,76 > 1,74
maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbasis teka-teki silang terhadap
hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan pada kelas VIII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Kelam Permai tahun pelajaran 2016/2017. Hasil angket respon
siswa membantu siswa memahami materi, menambah minat, aktif belajar di kelas, dan
meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata 98% dengan kriteria sangat kuat.

Kata Kunci: teams game tournamnet (tgt), teka-teki silang, hasil belajar kognitif

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:06
Last Modified: 08 Jun 2023 06:06
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item
View Item