PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR

Eliana, Yunitha Seran and Mardawani, Mardawani (2021) PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 8, Nomor 1, Mei 2021. ISSN p-ISSN 2407-4837, e-ISSN 2614-1728

[thumbnail of 9.pdf] Text
9.pdf

Download (347kB)

Abstract

Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 3 tahun 2020 terkait dengan pandemi Covid 19. Masalah umum dalam penelitian ini adalah penguatan nilai karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar masa Pandemi Covid-19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter dalam
kegiatan belajar mengajar Masa Pandemi Covid 19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi yang dilakukan kepada guru, siswa, dan orangtua. Dan wawancara yang dilakukan kepada siswa, guru, dan orangtua serta penelaahan beberapa dokumen terkait. Teknis analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dan memverifikasi. Kegiatan penelitian ini menghasilkan penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 menguat pada empat nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, dan bertanggungjawab. Sedangkan peran guru sebagai fasilitator, motivator, informator, inisiator, dan evaluator dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 tingkat sekolah dasar di Sintang. Serta peran orangtua dalam penguatan nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 siswa Sekolah Dasar di Sintang yaitu sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Hasil dari kegiatan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kearah yang lebih baik dengan penguatan nilai karakter.

Kata kunci: penguatan nilai karakter, pembelajaran masa pandemi, siswa sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 07 Jun 2023 09:18
Last Modified: 07 Jun 2023 09:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item