A STUDY OF MIND MAPPING COLLABORATIVE WRITING TECHNIQUES FOR TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXTS

Sijono, Sijono (2018) A STUDY OF MIND MAPPING COLLABORATIVE WRITING TECHNIQUES FOR TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXTS. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN. ISSN 2086 - 4450

[thumbnail of 34-100-1-SM.pdf] Text
34-100-1-SM.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa/siswi dalam menulis teks deskriptif melalui tehnik „mind mapping collaborative writing‟ pada mahasiswa A1 program Study Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tehnik ini dapat membuat siswa merasa nyaman dan memicu motivasi mereka dalam kegiatan menulis. Para siswa senang bekerja sama denga siswa lainnya, terlebih mereka dapat saling berbagi kesulitan selama kegiatan menulis. Tehnik „mind mapping collaborative writing‟ dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif dan dapat memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan menulis. Tehnik „mind mapping collaborative writing‟ disarankan untuk dapat digunakan dalam belajar menulis untuk berbagai level siswa dan dapat digunakan untuk macam-macam jenis teks.
Kata kunci: Belajar Menulis, Mind Mapping Collaborative Writing, Menulis
Teks Deskriptif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:57
Last Modified: 07 Jun 2023 07:57
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item