PENGARUH MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

Didin, Syafrudin and Andri, Andri (2015) PENGARUH MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA. Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 1, Nomor 1, Oktober 2015.

[thumbnail of 68-111-1-PB.pdf] Text
68-111-1-PB.pdf

Download (482kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 18 Ladang Sintang. Sampel penelitian adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 41,09 dan nilai rata-rata posttest 50,05. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 40,05 dan nilai rata-rata posttest 79,73. Setelah dilakukan uji hipotesis pada perbedaan hasil posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung 10,23 dan t tabel 2,01808. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Media Flip Chart dan Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:38
Last Modified: 09 Feb 2024 07:45
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item